Psikologi "Fitria Zha"


Selasa, 18 Januari 2011

The Learning of Psychology (Psikologi Belajar)

The Principles Of Reinforcement and Punishment
By Siti Fitriyah
22 Desember 2010
A.      Reinforcement
1.     Positive Reinforcement and Negative Reinforcement
*      Reinforcement positif, yaitu stimulus yang pemberiannya terhadap operant behavior menyebabkan perilaku itu akan diperkuat atau dipersering untuk dimunculkan.
*      Reinforcement negative, yaitu stimulus yang penghilangannya untuk stimulus-stimulus yang tidak menyenangkan (aversive stimulus) akan menyebabkan diperkuat atau diperseringnya perilaku.
2.     Primary Reinforcer and Secondary Reinfercer
*      Primary reinforcer (penguatan primer): sesuatu yang memuaskan dorongan utama, seperti makanan memuaskan rasa lapar atau air memuaskan rasa haus.
3.     Penguatan di Pengkondisian Klasikal
4.     Prinsip Premack
Premack mengembangkan konsepsi penguatan yang ampuh yang dapat diungkapkan dengan dua pernyataan:
1)      Untuk setiap organisme, suatu hirarki penguatan terjadi bila penguat yang berbeda pada puncak hirarki merupakan aktivitas yang dilakukan dengan kemungkinan yang tersebar mendapatkan kesempatan.
2)      Untuk organisme tertentu, setiap aktivitas di dalam hirarki mungkin mendapat penguatan (dibuat lebih mungkin) oleh setiap aktivitas di atasnya dan dengan sendirinya dapat menguatkan setiap aktivitas di bawahnya.
Pernyataan yang kedua ini adalah prinsip Premack. Prinsip ini mengemukakan teknik yang telah lama diterapkan oleh para orang tua yang menginginkan anaknya mengerjakan pekerjaannya sebelum pergi bermain dan bukan membiarkan anaknya bermain dulu asal dia setuju untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya kemudian (Atkinson, dkk, 2007).

B.      Jadwal Pemberian Reinfercement



 
                                            



*      Fix Interval Reinforcement Schedule (FI) => jadwal pemberian reinforcement yang tetap dihitung waktu. Misalnya: Dalamwpenelitian Skinner, setiap 5 menit makanan akan keluar (setelah diberi makanan, respon tikus santai. Selanjutnya lebih cepat dari 5 menit/mendekati 5 menit).
*      Fix Ratio Reinforcement Schedule (FR) => jadwal pemberian reinforcement yang tetap dihitung menurut beberapa kali respon. Misalnya: tiap 5 kali tikus memukul pedal, maka makanan akan otomatis keluar, setelah makanan keluar, maka tikus akan memukul sehingga diagram akan menanjak tajam.
*      Variable Interval Reinforcement Schedule (VI) => interval yang tidak tetap. Misalnya: waktunya tidak jelas/ tidak tetap. Terkadang makanan baru keluar setelah 5 menit, terkadang makanan bisa keluar setelah tiga menit. Sehingga respon jadi malas-malasan.
*      Variable Ratio Reinforcement Schedule (VR) => tidak jelas beberapa kali ketukan maka makanan akan keluar.

C.      Punishment
   Hukuman (punishment) adalah stimulus yang bilamana ditampilkan akan melemahkan kekuatan respon atau menurunkan frekuensi munculnya respon. Hukuman dibedakan atas tiga bentuk.
1.       Hukuman Positif
2.       Hukuman Negatif
3.       Hukuman Negatif vs Pemadaman


Perbandingan prosedur Hukuman
Konsekuensi yang mengikuti respon
Hukuman
Positif
Negatif
Hukuman  Diberikan                                           
Penguat dihilangkan
Penguat ditunda
Pengaruh dari konsekuensi
Melemahnya respon
Bila latihan dihentikan
Terjadi munculnya kembali respon yang memperoleh hukuman (kecuali bila diberikan tekanan)

DAFTAR PUSTAKA
Atkinson, Rita L, dkk. 2007. Pengantar Psikologi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
http://modifikasi-perilaku-psikologi.blogspot.com/2010/05/punishment-hukuman.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar